Kompetensi
Dasar yang berpasangan adalah 3.11 dann 4.4
Kompetensi
Dasar 3.11
Menemukan bangun
segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan
melalui pengamatan
Indikator
3.11
3.11.1 Mengamati
dan menentukan berbagai benda yang berbentuk bangun datar segibanyak beraturan
maupun segibanyak tak beraturan yang ada disekitar lingkungan.
3.11.2
Mengidentifikasi bangun segibanyak
beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan.
3.11.3
Menentukan bangun segibanyak beraturan
yang membentuk pola pengubinan.
3.11.4
Menentukan bangun segibanyak tak
beraturan yang membentuk pola pengubinan.
3.11.5
Menentukan pola pengubinan yang ada disekitar
lingkungan.
3.11.6
Menganalisis bentuk bangun datar yang
membentuk pola pengubinan yang ada disekitar lingkungan.
Kompetensi
Dasar 4.4
Melakukan pengubinan
menggunakan segibanyak beraturan tertentu.
Indikator
4.4
4.4.1
Menyiapkan alat dan bahan untuk membuat
bentuk bangun datar segibanyak beraturan tertentu.
4.4.2
Menggambar bentuk bangun datar
segibanyak beraturan tertentu.
4.4.3
Mempraktekkan pengubinan menggunakan
bangun datar segibanyak beraturan tertentu.
4.4.4
Membuat gambar pakaian bermotif
pengubinan menggunakan segibanyak beraturan tertentu dengan kertas A4.
4.4.5
Memajang dan menunjukkan hasil gambar
tersebut.
Fase-Fase Pembelajaran Menurut Van Hiele
1. Fase
Informasi
a. Siswa
mengamati benda-benda berbentuk bangun datar segibanyak beraturan maupun tak
beraturan yang ada disekitar lingkungan.
b. Guru
dan siswa melakukan tanya jawab mengenai bentuk benda-benda yang telah
diamati tadi.
c. Guru
menggambar dan memberi nama berbagai bangun datar segibanyak beraturan dan tak
beraturan dipapan tulis.
d. Guru
dan siswa melakukan tanya jawab mengenai cara menggambar bangun datar segibanyak beraturan dan tak beraturan.
2. Fase
Orientasi
a.
Dari
gambar yang ada dipapan tulis, siswa diminta untuk mengidentifikasi bangun
datar segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan.
b.
Siswa diminta menentukan bangun
segibanyak beraturan yang membentuk pola pengubinan, kemudian hasilnya ditulis
dalam buku tulis masing-masing.
c.
Siswa diminta menentukan bangun
segibanyak tak beraturan yang membentuk pola pengubinan, kemudian hasilnya
ditulis dalam buku tulis masing-masing.
d.
Siswa mengamati disekitar lingkungannya
mengenai benda-benda yang membentuk pola pegubinan.
e.
Dari hasil pengamatan tadi, siswa
menganalisis bentuk bangun datar apa saja yang membentuk pola pengubinan.
f.
Siswa bersama teman sebangku
mendiskusikan hasil analisis mengenai bangun datar yang membentuk pola
pengubinan.
g.
Bersama teman sebangku, siswa
mendiskusikan berbagai alat dan bahan yang akan digunakan untuk menggambar
berbagai bentuk bangun datar segibanyak beraturan dan gambar pakaian bermotif
dengan pola pengubinan.
h.
Siswa mulai menggambar bentuk berbagai
bentuk bangun datar segibanyak beraturan (segi empat, segi lima dan segi enam)
pada bukunya masing-masing.
i.
Bersama dengan teman sebangku, siswa
mendiskusikan bangun datar segibanyak beraturan untuk membuat pola pengubinan
dengan menggunakan bangun datar segibanyak beraturan dibuku masing-masing.
3. Fase
Penjelasan
a. Siswa
mempresentasikan hasil identifikasinya mengenai bangun datar segibanyak
beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan.
b. Siswa
membacakan bangun datar segibanyak beraturan dan segibanyak tak beraturan yang
membentuk pola pengubinan.
c. Siswa
membacakan hasil analisis mengenai bangun datar yang membentuk pola pengubinan
disekitar lingkungan.
d. Siswa
mempresentasikan hasil gambar pola pengubinan dengan menggunakan bangun datar
segibanyak beraturan.
4. Fase
Orientasi Bebas
a. Guru
menyiapkan selembar kertas berpetak untuk masing-masing siswa, siswa diminta
membuat pola pengubinana dengan menggunakan satu atau dua bangun datar segibanyak beraturan (segi empat, segi lima
dan segi enam).
b. Guru
meminta siswa membuat gambar pakaian bermotif pola pengubinan bangun datra
segibanyak beraturan dengan menggunakan alat dan bahan yang telah dibawa dari
rumah.
c. Siswa
diminta bertanya pada guru mengenai tugas yang akan dikerjakan.
5. Fase
Integrasi
a. Guru
bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
b. Guru
menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar