Sekolah Dasar

Selasa, 15 April 2014

Pembelajaran Van Hiele KD 3.11 dan 4.4 Kelas IV


Kompetensi Dasar yang berpasangan adalah 3.11 dann 4.4
Kompetensi Dasar 3.11
Menemukan bangun segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui pengamatan
Indikator 3.11
3.11.1    Mengamati dan menentukan berbagai benda yang berbentuk bangun datar segibanyak beraturan maupun segibanyak tak beraturan yang ada disekitar lingkungan.
3.11.2    Mengidentifikasi bangun segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan.
3.11.3    Menentukan bangun segibanyak beraturan yang membentuk pola pengubinan.
3.11.4    Menentukan bangun segibanyak tak beraturan yang membentuk pola pengubinan.
3.11.5    Menentukan pola pengubinan yang ada disekitar lingkungan.
3.11.6    Menganalisis bentuk bangun datar yang membentuk pola pengubinan yang ada disekitar lingkungan.
Kompetensi Dasar 4.4
Melakukan pengubinan menggunakan segibanyak beraturan tertentu.
Indikator 4.4
4.4.1        Menyiapkan alat dan bahan untuk membuat bentuk bangun datar segibanyak beraturan tertentu.
4.4.2        Menggambar bentuk bangun datar segibanyak beraturan tertentu.
4.4.3        Mempraktekkan pengubinan menggunakan bangun datar segibanyak beraturan tertentu.
4.4.4        Membuat gambar pakaian bermotif pengubinan menggunakan segibanyak beraturan tertentu dengan kertas A4.
4.4.5        Memajang dan menunjukkan hasil gambar tersebut.
Fase-Fase Pembelajaran Menurut Van Hiele
1.      Fase Informasi
a.       Siswa mengamati benda-benda berbentuk bangun datar segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang ada disekitar lingkungan.
b.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai bentuk benda-benda yang telah diamati  tadi.
c.       Guru menggambar dan memberi nama berbagai bangun datar segibanyak beraturan dan tak beraturan dipapan tulis.
d.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai cara menggambar bangun  datar segibanyak beraturan dan tak beraturan.
2.      Fase Orientasi
a.        Dari gambar yang ada dipapan tulis, siswa diminta untuk mengidentifikasi bangun datar segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan.
b.      Siswa diminta menentukan bangun segibanyak beraturan yang membentuk pola pengubinan, kemudian hasilnya ditulis dalam buku tulis masing-masing.
c.       Siswa diminta menentukan bangun segibanyak tak beraturan yang membentuk pola pengubinan, kemudian hasilnya ditulis dalam buku tulis masing-masing.
d.      Siswa mengamati disekitar lingkungannya mengenai benda-benda yang membentuk pola pegubinan.
e.       Dari hasil pengamatan tadi, siswa menganalisis bentuk bangun datar apa saja yang membentuk pola pengubinan.
f.       Siswa bersama teman sebangku mendiskusikan hasil analisis mengenai bangun datar yang membentuk pola pengubinan.
g.      Bersama teman sebangku, siswa mendiskusikan berbagai alat dan bahan yang akan digunakan untuk menggambar berbagai bentuk bangun datar segibanyak beraturan dan gambar pakaian bermotif dengan pola pengubinan.
h.      Siswa mulai menggambar bentuk berbagai bentuk bangun datar segibanyak beraturan (segi empat, segi lima dan segi enam) pada bukunya masing-masing.
i.        Bersama dengan teman sebangku, siswa mendiskusikan bangun datar segibanyak beraturan untuk membuat pola pengubinan dengan menggunakan bangun datar segibanyak beraturan dibuku masing-masing.
3.      Fase Penjelasan
a.       Siswa mempresentasikan hasil identifikasinya mengenai bangun datar segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan.
b.      Siswa membacakan bangun datar segibanyak beraturan dan segibanyak tak beraturan yang membentuk pola pengubinan.
c.       Siswa membacakan hasil analisis mengenai bangun datar yang membentuk pola pengubinan disekitar lingkungan.
d.      Siswa mempresentasikan hasil gambar pola pengubinan dengan menggunakan bangun datar segibanyak beraturan.
4.      Fase Orientasi Bebas
a.       Guru menyiapkan selembar kertas berpetak untuk masing-masing siswa, siswa diminta membuat pola pengubinana dengan menggunakan satu atau dua bangun datar  segibanyak beraturan (segi empat, segi lima dan segi enam).
b.      Guru meminta siswa membuat gambar pakaian bermotif pola pengubinan bangun datra segibanyak beraturan dengan menggunakan alat dan bahan yang telah dibawa dari rumah.
c.       Siswa diminta bertanya pada guru mengenai tugas yang akan dikerjakan.
5.      Fase Integrasi
a.       Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
b.      Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar